assalamualaikum wr. wb.
hai semua,pada hari ini saya akan berbagi informasi nih....
teman2 tau nggak apa itu assesment...?
nah kalo blom tau maka saya akan menshare apa yang saya tau tentang assesment. postingan kali ini saya akan berbagi tentang AUTENTIK ASSESMEN JURNAL
semoga bermanfaat :D
AUTENTIK ASSESMEN
JURNAL
Asesmen autentik mengukur kemampuan siswa sesungguhnya,
yang mencakup aspek-aspek yang luas seperti keseharian siswa. Untuk melakukan asesmen
autentik diperlukan tugas-tugas autentik yang harus diselesaikan oleh siswa.
Termasuk ke dalam autentik asesmen adalah : asesmen kinerja, pengamatan,
penggunaan pertanyaan, portofolio, jurnal, projek dan investigasi, wawancara,
evaluasi diri siswa, dan presentasi dan diskusi.
1. Pengertian Jurnal
a. Menurut Kamus Inggris-Indonesia,
Jurnal berarti surat
kabar, majalah, catatan harian tentang berita, kejadian, peristiwa dan
sebagainya.
b. Menurut Prof. Dr. H. Muslim Ibrahim,
Jurnal adalah rekaman tertulis
tentang apa yang dibuat siswa
terhadap apa yang telah
dipelajari oleh siswa.
c. Menurut Johnson and Johnson,
Jurnal yaitu suatu alat untuk
memperoleh hal-hal yang berkaitan
dengan siswa dan merefleksi
pengalaman belajar mereka. Jurnal
dalam pembelajaran merupakan laporan
yang ditulis sendiri oleh
siswa, dimana siswa menceritakan
hal-hal yang telah
dipelajarinya.
d. Menurut buku sumber Alternative Assessment in
the Mathematic Classroom
Jurnal merupakan sebuah tulisan
tentang diri seorang siswa yang
berisi catatan tentang apa yang telah
dipelajari oleh siswa.
Jurnal berisi
tentang :
·
Catatan dan ringkasan topik-topik inti yang telah dipelajari oleh siswa
·
Perasaan-perasaan siswa dalam belajar matematika
·
Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa
·
Kesuksesan siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah khusus atau sebuah
topik
·
Komentar-komentar siswa tentang harapan-harapan mereka dalam belajar
matematika
Jurnal juga merupakan cara yang paling baik
agar siswa dapat berlatih dan mengembangkan kemampuan menulis mereka. Catatan
dalam jurnal tentu saja bisa menjadi pertimbangan untuk dimasukkan dalam sebuah
portofolio.
Jurnal
dalam pembelajaran merupakan perlengkapan untuk memperoleh sejumlah hal
mengenai siswa dan merefleksi pengalaman belajar mereka. Jurnal merupakan
laporan yang ditulis sendiri oleh siswa, dimana siswa menceritakan hal-hal
mengenai subjek yang telah dipelajarinya. Hal-hal yang terdapat dalam jurnal
dapat dijadikan sebagai observasi pribadi bagi siswa, perasaan-perasaan, tanggapan-tanggapan
dan pendapat dalam bentuk respon, kejadian dan pengalaman siswa dalam belajar.
Jurnal
itu merupakan koleksi individu yaitu beberapa tulisan yang mempunyai arti bagi
siswa tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa di sekolah atau di luar kelas
dan itu relevan terhadap dirinya. Jurnal biasanya menampilkan atau
menggambarkan catatan siswa secara lebih lengkap dan siswa bisa secara bebas
mencatat segala sesuatunya. Jadi jurnal adalh bagian yang penting dalam
pembelajaran dan catatan-catatan yang terdapat dalam jurnal seharusnya menjadi
bagian yang penting untuk usaha ynahg dilakukan guru dalam membuat belajar
lebih berarti dan bermakna, karena jurnal merupakan sebuah cara yang kooperatif
dalam pembelajaran.
2. Kegunaan Jurnal
Jurnal digunakan untuk kelengkapan assessment,
yaitu sebagai berikut:
a. Untuk memperoleh beberapa pemecahan masalah yang
berasal dari buku pelajaran yang dipelajari siswa atau pekerjaan rumah yang
telah dibuat oleh siswa
b. Untuk memperoleh tanggapan siswa terhadap
pertanyaan dari guru atau siswa lainnya.
c. Untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan
melaporkan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut
d. Untuk mengklarifikasikan sesuatu yang baru dan
menyempurnakan suatu teori (apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah
konsekuensi pada sebuah situasi) dari apa yang telah dipelajari di sekolah
e. Untuk menghubungkan ide-ide
yang telah dikemukakan dari suatu permasalahan, dari pemikiran tentang proyek
yang berpotensi, tulisan-tulisan, dan presentasi-presentasi
f. Untuk mengikuti kemajuan dari sebuah eksperimen, situasi di sekolah terhdap
siswanya terjadi selanjutnya
3. Keuntungan Menggunakan Jurnal
Dalam belajar matematika
secara mandiri, jurnal sangat bermanfaat sekali dalam perkembangan sebuah
refleksi dan poin instrospeksi yang bisa dilihat serta untuk berfikir tentang sesuatu
yang telah dilakukan dan mengapa melakukan sesuatu. Hal itu biasanya berupa
catatan pertanyaan-pertanyaan, pemahaman-pemahaman, keberhasilan-keberhasilan,
dan kegagalan-kegagalan. Kegunaan dari sebuah jurnal adalah siswa dapat menyediakan sebuah catatan
mengenai hal yang berhubungan dengan tugas mandiri, yang mana menjelaskan
perkembangan dari sebuah problem solving atau keterampilan berfikir. Jurnal
dapat memberi sebuah semangat atau dorongan untuk bersikap lebih bijaksana
terhadap pekerjaan yang telah ditulis siswa, dan jurnal seharusnya menjadi
penolong siswa dalam belajar matematika lebih jauh.
Baberapa keuntungan
menggunakan jurnal antara lain:
Ø Bagi guru yaitu:
1. Guru bisa mengetahui masalah yang ditemukan
siswa mengenai buku yang dipelajarinya atau pekerjaan rumah dan bisa segera
memberikan solusi terhadap masalah yang ditemukan siswa.
2. Guru bisa mengetahui
kesuksesan-kesuksesan siswa dan mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa selama
ini dan segera menindaklanjutinya.
3. Dengan adanya jurnal guru
dapat mengetahui tanggapan siswa terhadap pertanyaan dari guru dan teman
sekelas lainnya.
4. Guru bisa mengetahui
harapan-harapan siswa dan berusaha agar memberikan sesuatu yang lebih baik lagi
terhadap siswanya.
5. Dengan adanya jurnal guru bisa
mengetahui bagaimana cara siswa mengidentifikasi masalah dan bagaimana cara
mereka memecahkan masalah tersebut.
6. Dengan adanya jurnal guru bisa
memperoleh gambaran pribadi atau informasi tentang siswa ketika mereka belajar
secara indenpenden.
Ø Bagi siswa yaitu:
1. Dengan adanya jurnal siswa bisa mengungkapkan
masalah-masalah yang mereka temukan mengenai buku yang dipelajarinya atau
pekerjaan rumah yang mereka buat.
2. Dengan adanya jurnal siswa bisa
mencatat dan meringkas topik-topik yang mereka pelajari, perasaan mereka
terhadap matematika kemudian kesulitan yang mereka hadapi serta kesuksesannya
dalam belajar selama ini.
3. Dengan adanya jurnal siswa bisa menulis
harapan-harapannya mengenai pembelajaran.
4. Dengan adanya jurnal ketika
siswa belajar secara independen, jurnal ini akan sangat membantu dalam
pengembangan refleksi dan introspeksi siswa.
5. Jurnal sangat kondusif untuk
melatih berfikir siswa mengapa sesuatu dilakukan dan mengapa melakukan sesuatu.
6. Jurnal dapat digunakan siswa
untuk menulis petanyaan, kesuksesan, pemikiran maupun rasa frustasi siswa dalam
belajar.
4. Kelemahan Menggunakan Jurnal
Beberapa kelemahan dalam
menggunakan jurnal adalah sebagai berikut:
a) Dari segi waktu, membutuhkan
waktu yang lama bagi guru untuk memeriksa jurnal-jurnal siswa.
b) Bagi siswa yang tidak bisa
menyampaikan permasalahan dengan baik dalam bentuk tulisan maka guru mungkin
sulit dalam memahami apa yang ditulisnya.
c) Bagi siswa yang tidak jujur
dalam mengungkapkan permasalahan yang dihadapinya maka guru tidak dapat mengetahui
permasalahan yang dihadapi siswa tersebut dan tidak dapat menindaklanjutinya.
5. Cara Menggunakan Jurnal
Cara menggunakan jurnal
sebagai berikut:
a) Memberitahukan siswa untuk
membuat sebuah jurnal yang sesuai dengan isi pembelajaran. Terangkan apa itu
jurnal, hal-hal yang penting yang berhubungan dengan jurnal tersebut dan
kriteria-kriteria spesifik lainnya
b) Memberitahukan siswa kapan
mereka mulai mengisi jurnal dan apakah mereka boleh bertanya pada teman mereka
dan guru, serta bagaimana jurnal itu akan di nilai dan kapan jurnal itu harus
selesai.
c) Menunjukkan kepada siswa
tentang contoh-contoh jurnal atau model jurnal mulai dari jurnal yang sederhan
sampai pada jurnal yang lengkap, jurnal yang baik dan jurnal yang memiliki
kekurangan. Dalam mengembangkan jurnal siswa membutuhkan referensi tentang apa
yang harus ada dan yang tidak ada pada jurnal.
d) Guru memiliki :
Ø Kriteria spesifik untuk
menilai kualitas yang dipenuhi didalam jurnal
Ø Indikator terbaik, menengah
dan kualitas rendah untuk kriteria lainnya yang telah distandarisasi sekolah,
wilayah dan negara.
e) Dalam menyusun jurnal, untuk
membantu siswa membuat catatan d dalam jurnal, guru bisa memberikan saran dan
petunjuk.
Contoh petunjuk itu adalah:
ü Bagian yang paling menarik
adalah………..
ü Saya memprediksikan……………..
ü Tiga ide pokoknya adalah…………….
ü Saya butuh bekerja lebih
pada…………….
ü Ide yang sesuai adalah…………
ü Saya kagum terhadap……………..
ü Kebiasaan saya yang lain untuk
menunjang belajar………….
ü Saya ingin tahu lebih tentang…………….
ü Saya gembira bila………………..
f) Siswa memiliki bagian dari
jurnal lain dengan anggota kelompok belajar
yang lainnya pada kegiatan yang teratur (harian, 1x seminggu, 2x seminggu)
g) Memberikan umpan balik dan
sebuah nilai awal terhadap kualitas jurnal yang telah dikerjakan siswa.
6. Petunjuk Menggunakan Jurnal
Adapun beberapa contoh petunjuk dalam
menggunakan jurnal yang diberikan guru kepada siswa, yaitu:
a) Tulis sebuah jurnal yang
berisi paling sedikit satu catatan perminggu.
b) Meringkas apa yang telah
dipelajari di sekolah untuk minggu ini.
c) Gambarkan bagaimana kamu telah
bersikap selama ini, sesuatu pengalaman yang penting yang kamu miliki selama
satu minggu ini, mengenai :
·
Situasi
alam
·
Menyangkut
orang lain
·
Hubungan
diantara peserta diskusi
·
Strategi yang akan digunakan untuk mengatasi situasi yang terjadi
·
Pengalaman-pengalaman
yang terjadi
·
Akibat yang dihasilkan dari perbuatan yang telah dilakukan
d) Dari gambaran itu, ringkaslah
teori mengenai sesuatu yang telah kamu lakukan
e) Gunakan apa yang telah kamu pelajari di sekolah
untuk menggambarkan bagaimana kamu bisa memiliki sikap yang lebih efektif dan
konstruktif, yang berisi bagaimana kamu bisa memodifikasi teori-teori sendiri.
7. Cara Menilai Jurnal
Kualitas jurnal bisa dinilai
dari dua sisi:
a) Catatan dasar
b) Pengembangan indicator yang
tinggi, sedang dan rendah
c) Penilaian siswa dari jurnal
pada mereka pada criteria lainnya
d) Menambahkan penilaian untuk
criteria bersama lainnya untuk menentukan nilai total.
Contoh penilaian:
Kriteria
|
Skor
|
|
1-2 tidak ada catatan
2-3 catatan sedikit
4-5 semua yang dibutuhkan dalam
catatan ada
|
|
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa halaman
|
|
1-2 sulit, permukaan umum
3-4 sebagian, pribadi
4-5 dalam, sangat pribadi
|
|
1-2 hanya merespon
3-4 merespon dan memberi contoh
4-5 merespon, memberi contoh dan
mengaplikasikan
|
|
1-2 mudah, sederhana
3-4 penggunaan kata-kata untuk
menyatakan sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas yang tinggi
|
Skor poin yang diperoleh
dikelompokkan pada:
Point
|
Nilai
|
22-25
|
A
|
18-21
|
B
|
13-17
|
C
|
8-12
|
D
|
Contoh penilaian:
Point
|
Kriteria
|
20
|
Catatan lengkap
|
10
|
Mengumpulkan jurnal (catatan tepat waktu)
|
15
|
Reaksi demonstran pada tingkat tinggi
|
25
|
Menunjukkan sikap terhadap materi yang diberikan
|
100
|
Total
|
8. Contoh Jurnal Dalam Pelajaran Matematika
Beberapa ide untuk item-item
jurnal matematika berikut ini:
·
Coba jelaskan mengapa tiap susunan dari beberapa buah titik-titik bisa
menjadi susunan pada sebuah empat persegi panjang pada dua baris terakhir.
·
Bisakah sebuah pecahan memiliki lebih dari satu bentuk yang paling
sederhana. Jelaskan jawaban Anda!
·
Uraikan atau ceritakan sebuah situasi bagaimana Anda mencari keliling suatu
benda.
·
Apa yang kamu pikirkan ketika Anda belajar geometri.
NAMA :
AFRI YELLI
BP/NIM :
2005/66797
MATERI :
Pembagian Pecahan
JURNAL SISWA
Nama :
Kelas :
Hari/tanggal :
ILUSTRASI
Untuk merayakan ulang tahun yang
ke-17, Ani ingin berbagi kebahagiaan bersama teman-temannya dengan cara
mengadakan pesta dan mengundang teman-temannnya. Untuk menjamu temannya Ani
meyediakan makanan berupa satu buah kue tar, nasi goreng special, dan minuman
yang menyegarkan. Pada perayaan pesta itu teman-teman Ani datang sebanyak 15
orang. Setelah peniupan lilin kue tar dibagikan kepada setiap temannya. Masalah
ini dapat kita selesaikan dengan pembagian pecahan. Untuk itu jawablah
pertanyaaan dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing
dan jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu. Untuk itu jawablah
pertanyaaan dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing
dan jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu.
a. Kesulitan apa saja yang kamu
alami selama belajar pembagian pecahan.
b. Dari ilustrasi di atas,
ceritakanlah bagaimana perasaanmu setelah mempelajari pembagian pecahan.
c. Apakah harapan-harapanmu
setelah mempelajari materi ini?
Skor penilaian :
Point
|
Kriteria
|
20
|
Mengumpulkan catatan tepat pada waktunya
|
30
|
Catatan lengkap
|
50
|
Bagaimana sikap siswa terhadap materi yang diberikan
|
100
|
Total
|
NAMA : AMALIA
BP/NIM :
2005/66813
MATERI : Statistik
JURNAL SISWA
Nama :
Kelas :
Hari/tanggal :
ILUSTRASI
Siswa sekalian, tentu kamu pernah
membaca koran dan tanpa sengaja kamu melihat sebuah diagram lingkaran atau
diagram batang yang mungkin membahas tentang kenaikan gaji anggota DPR.Tahukah
kamu bahwa diagram tersebut merupakan salah satu hasil dari perhitungan
statistika.
Untuk itu jawablah pertanyaaan
dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing dan jawaban
kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu.
a) Ceritakanlah bagaimana
perasaan mu setelah mempelajari statistika?
b) Jelaskan kesulitan yang kamu
alami selama belajar statistika?
c) Apakah pelajaran matematika
yang berhubungan dengan statistika adalah pelajaran yang kamu sukai? Dan apakah
pelajaran ini menurutmu bermanfaat? Jelaskan?
Skor penilaian:
Kriteria
|
Skor
|
1. jumlah catatan
|
1-2 tidak ada catatan
2-3 catatan sedikit
4-5 semua yang dibutuhkan dalam
catatan ada
|
2. panjang catatan
|
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa halaman
|
3. perhatian
|
1-2 hanya merespon
3-4 merespon dan memberi contoh
4-5 merespon, memberi contoh dan
mengaplikasikan
|
4. kecakapan dalam menciptakan keaslian
|
1-2 mudah, sederhana
3-4 penggunaan kata-kata untuk
menyatakan
sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas yang tinggi
|
Skor poin yang diperoleh dikelompokkan pada:
Point
|
Nilai
|
20-18
|
A
|
17-15
|
B
|
14-12
|
C
|
10-5
|
D
|
NAMA :
SYAFNI GUSTINA SARI
BP/NIM :
2005/66796
MATERI :
Program Linear
JURNAL SISWA
Nama :
Kelas :
Hari/tanggal :
ILUSTRASI
Siswa
sekalian, tentu kamu pernah pergi ke pasar bersama ibu untuk membeli pakaian.
Misalkan kamu membeli beberapa helai baju dan beberapa helai celana. Setelah
ditotal semua tentu kamu ingin tahu harga baju satu helai dan harga celana
sehelai. Tahu kah kamu ini bisa diselesaikan dengan menggunakan program linier.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini berdasarkan keadaan sebenarnya yang kamu alami dan
jawablah dengan jujur. Jawaban kamu
tidak akan mempengaruhi nilai matematika mu.
a) Ceritakanlah bagaimana
perasaan mu setelah mempelajari program linear!
b) Menurut mu bagian mana yang penting dalam
program linear ini?
c) Kesulitan apa saja yang kamu
alami selama belajar program linear ini?
Skor
penilaian:
Kriteria
|
Skor
|
1. jumlah catatan
|
1-2 tidak ada
catatan
2-3 catatan
sedikit
4-5 semua yang
dibutuhkan dalam
catatan ada
|
2. panjang catatan
|
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa
halaman
|
3. sesuatu yang dianggap sukar,
terlalu sukar dan perorangan
|
1-2 sulit, permukaan umum
3-4 sebagian, pribadi
4-5 dalam, sangat pribadi
|
4. perhatian
|
1-2 hanya
merespon
3-4 merespon
dan memberi contoh
4-5 merespon,
memberi contoh dan
mengaplikasikan
|
5. kecakapan dalam menciptakan keaslian
|
1-2 mudah,
sederhana
3-4 penggunaan
kata-kata untuk
menyatakan sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas
yang tinggi
|
Skor poin yang diperoleh
dikelompokkan pada:
Point
|
Nilai
|
22-25
|
A
|
18-21
|
B
|
13-17
|
C
|
8-12
|
D
|
NAMA : WIDYA UMARTA
BP/NIM : 2005/66799
MATERI : Volume Bangun Ruang
JURNAL SISWA
Nama :
Kelas :
Hari/tanggal :
ILUSTRASI
Hari Minggu
kemaren Keysa pergi berenang ke Teratai. Kolam renang itu berukuran 10 m dan
lebarnya 4 m serta tingginya 1,5 m. Saat itu Keysa melihat seorang petugas
sedang membersihkan kolam tersebut. Kemudian petugas akan mengisi kembali kolam
yang dikosongkan tadi, yang mana 15 cm dari permukaan kolam tidak terisi air. Masalah
ini dapat kamu selesaikan dengan menggunakan rumus volume bangun ruang, untuk
itu jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jujur dan sesuai dengan keadaan
kamu yang sebenarnya. Jawaban yang
kamu berikan tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu .
- Bagian mana dari materi volume bangun ruang yang kamu anggap sulit?, dan bagian mana yang kamu anggap mudah?. Jelaskan?
- Apakah pelajaran matematika yang berhubungan dengan volume bangun ruang adalah pelajaran yang kamu sukai? Dan apakah pelajaran ini menurutmu bermanfaat?. Jelaskan?
Skor
penilaian:
Point
|
Kriteria
|
20
|
Catatan lengkap (mencakup semua
subjek yang diminta)
|
10
|
Mengumpulkan jurnal tepat pada
waktunya
|
15
|
Kecakapan menggunakan kalimat untuk
menyatakan sesuatu
|
25
|
Menunjukkan sikap terhadap materi
yang diberikan
|
100
|
Total
|
No comments:
Post a Comment