Translate

Thursday, February 25, 2016

AUTENTIK ASSESMEN JURNAL


assalamualaikum wr. wb. 

 hai semua,pada hari ini saya akan berbagi informasi nih....

 teman2 tau nggak apa itu assesment...?

 nah kalo blom tau maka saya akamenshare apa yang saya tau tentang assesment.  postingan kali ini saya akan berbagi tentang AUTENTIK ASSESMEN JURNAL

semoga bermanfaat :D





AUTENTIK ASSESMEN
JURNAL

          Asesmen autentik mengukur kemampuan siswa sesungguhnya, yang mencakup aspek-aspek yang luas seperti keseharian siswa. Untuk melakukan asesmen autentik diperlukan tugas-tugas autentik yang harus diselesaikan oleh siswa. Termasuk ke dalam autentik asesmen adalah : asesmen kinerja, pengamatan, penggunaan pertanyaan, portofolio, jurnal, projek dan investigasi, wawancara, evaluasi diri siswa, dan presentasi dan diskusi.
1.     Pengertian Jurnal
a.       Menurut Kamus Inggris-Indonesia,
Jurnal berarti surat kabar, majalah, catatan harian tentang berita, kejadian, peristiwa dan sebagainya.
b.      Menurut Prof. Dr. H. Muslim Ibrahim,
               Jurnal adalah rekaman tertulis tentang apa yang dibuat siswa
               terhadap apa yang telah dipelajari oleh siswa.
c.       Menurut Johnson and Johnson,
               Jurnal yaitu suatu alat untuk memperoleh hal-hal yang berkaitan
              dengan siswa dan merefleksi pengalaman belajar mereka. Jurnal
              dalam pembelajaran merupakan laporan yang ditulis sendiri oleh
              siswa, dimana siswa menceritakan hal-hal yang telah
              dipelajarinya.
d.      Menurut buku sumber Alternative Assessment in the Mathematic Classroom
               Jurnal merupakan sebuah tulisan tentang diri seorang siswa yang
               berisi catatan tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa.
Jurnal berisi tentang :
·         Catatan dan ringkasan topik-topik inti yang telah dipelajari oleh siswa
·         Perasaan-perasaan siswa dalam belajar matematika
·         Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa
·         Kesuksesan siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah khusus atau sebuah topik
·         Komentar-komentar siswa tentang harapan-harapan mereka dalam belajar matematika
 Jurnal juga merupakan cara yang paling baik agar siswa dapat berlatih dan mengembangkan kemampuan menulis mereka. Catatan dalam jurnal tentu saja bisa menjadi pertimbangan untuk dimasukkan dalam sebuah portofolio.
Jurnal dalam pembelajaran merupakan perlengkapan untuk memperoleh sejumlah hal mengenai siswa dan merefleksi pengalaman belajar mereka. Jurnal merupakan laporan yang ditulis sendiri oleh siswa, dimana siswa menceritakan hal-hal mengenai subjek yang telah dipelajarinya. Hal-hal yang terdapat dalam jurnal dapat dijadikan sebagai observasi pribadi bagi siswa, perasaan-perasaan, tanggapan-tanggapan dan pendapat dalam bentuk respon, kejadian dan pengalaman siswa dalam belajar.
Jurnal itu merupakan koleksi individu yaitu beberapa tulisan yang mempunyai arti bagi siswa tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa di sekolah atau di luar kelas dan itu relevan terhadap dirinya. Jurnal biasanya menampilkan atau menggambarkan catatan siswa secara lebih lengkap dan siswa bisa secara bebas mencatat segala sesuatunya. Jadi jurnal adalh bagian yang penting dalam pembelajaran dan catatan-catatan yang terdapat dalam jurnal seharusnya menjadi bagian yang penting untuk usaha ynahg dilakukan guru dalam membuat belajar lebih berarti dan bermakna, karena jurnal merupakan sebuah cara yang kooperatif dalam pembelajaran.

2.     Kegunaan Jurnal

Jurnal digunakan untuk kelengkapan assessment, yaitu sebagai berikut:
a.       Untuk memperoleh beberapa pemecahan masalah yang berasal dari buku pelajaran yang dipelajari siswa atau pekerjaan rumah yang telah dibuat oleh siswa
b.      Untuk memperoleh tanggapan siswa terhadap pertanyaan dari guru atau siswa lainnya.
c.       Untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan melaporkan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut
d.      Untuk mengklarifikasikan sesuatu yang baru dan menyempurnakan suatu teori (apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah konsekuensi pada sebuah situasi) dari apa yang telah dipelajari di sekolah
e.       Untuk menghubungkan ide-ide yang telah dikemukakan dari suatu permasalahan, dari pemikiran tentang proyek yang berpotensi, tulisan-tulisan, dan presentasi-presentasi
f.       Untuk mengikuti kemajuan  dari sebuah eksperimen, situasi di sekolah terhdap siswanya terjadi selanjutnya

3.     Keuntungan Menggunakan Jurnal

Dalam belajar matematika secara mandiri, jurnal sangat bermanfaat sekali dalam perkembangan sebuah refleksi dan poin instrospeksi yang bisa dilihat serta untuk berfikir tentang sesuatu yang telah dilakukan dan mengapa melakukan sesuatu. Hal itu biasanya berupa catatan pertanyaan-pertanyaan, pemahaman-pemahaman, keberhasilan-keberhasilan, dan kegagalan-kegagalan. Kegunaan dari sebuah jurnal adalah siswa dapat menyediakan sebuah catatan mengenai hal yang berhubungan dengan tugas mandiri, yang mana menjelaskan perkembangan dari sebuah problem solving atau keterampilan berfikir. Jurnal dapat memberi sebuah semangat atau dorongan untuk bersikap lebih bijaksana terhadap pekerjaan yang telah ditulis siswa, dan jurnal seharusnya menjadi penolong siswa dalam belajar matematika lebih jauh.
Baberapa keuntungan menggunakan jurnal antara lain:
Ø  Bagi guru yaitu:
1.      Guru bisa mengetahui masalah yang ditemukan siswa mengenai buku yang dipelajarinya atau pekerjaan rumah dan bisa segera memberikan solusi terhadap masalah yang ditemukan siswa.
2.      Guru bisa mengetahui kesuksesan-kesuksesan siswa dan mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa selama ini dan segera menindaklanjutinya.
3.      Dengan adanya jurnal guru dapat mengetahui tanggapan siswa terhadap pertanyaan dari guru dan teman sekelas lainnya.
4.      Guru bisa mengetahui harapan-harapan siswa dan berusaha agar memberikan sesuatu yang lebih baik lagi terhadap siswanya.
5.      Dengan adanya jurnal guru bisa mengetahui bagaimana cara siswa mengidentifikasi masalah dan bagaimana cara mereka memecahkan masalah tersebut.
6.      Dengan adanya jurnal guru bisa memperoleh gambaran pribadi atau informasi tentang siswa ketika mereka belajar secara indenpenden.

Ø  Bagi siswa yaitu:
1.      Dengan adanya jurnal siswa bisa mengungkapkan masalah-masalah yang mereka temukan mengenai buku yang dipelajarinya atau pekerjaan rumah yang mereka buat.
2.      Dengan adanya jurnal siswa bisa mencatat dan meringkas topik-topik yang mereka pelajari, perasaan mereka terhadap matematika kemudian kesulitan yang mereka hadapi serta kesuksesannya dalam belajar selama ini.
3.       Dengan adanya jurnal siswa bisa menulis harapan-harapannya mengenai pembelajaran.
4.      Dengan adanya jurnal ketika siswa belajar secara independen, jurnal ini akan sangat membantu dalam pengembangan refleksi dan introspeksi siswa.
5.      Jurnal sangat kondusif untuk melatih berfikir siswa mengapa sesuatu dilakukan dan mengapa melakukan sesuatu.
6.      Jurnal dapat digunakan siswa untuk menulis petanyaan, kesuksesan, pemikiran maupun rasa frustasi siswa dalam belajar. 

4.     Kelemahan Menggunakan Jurnal
Beberapa kelemahan dalam menggunakan jurnal adalah sebagai berikut:
a)      Dari segi waktu, membutuhkan waktu yang lama bagi guru untuk memeriksa jurnal-jurnal siswa.
b)      Bagi siswa yang tidak bisa menyampaikan permasalahan dengan baik dalam bentuk tulisan maka guru mungkin sulit dalam memahami apa yang ditulisnya.
c)      Bagi siswa yang tidak jujur dalam mengungkapkan permasalahan yang dihadapinya maka guru tidak dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa tersebut dan tidak dapat menindaklanjutinya.

5.     Cara Menggunakan Jurnal
Cara menggunakan jurnal sebagai berikut:
a)      Memberitahukan siswa untuk membuat sebuah jurnal yang sesuai dengan isi pembelajaran. Terangkan apa itu jurnal, hal-hal yang penting yang berhubungan dengan jurnal tersebut dan kriteria-kriteria spesifik lainnya
b)      Memberitahukan siswa kapan mereka mulai mengisi jurnal dan apakah mereka boleh bertanya pada teman mereka dan guru, serta bagaimana jurnal itu akan di nilai dan kapan jurnal itu harus selesai.
c)      Menunjukkan kepada siswa tentang contoh-contoh jurnal atau model jurnal mulai dari jurnal yang sederhan sampai pada jurnal yang lengkap, jurnal yang baik dan jurnal yang memiliki kekurangan. Dalam mengembangkan jurnal siswa membutuhkan referensi tentang apa yang harus ada dan yang tidak ada pada jurnal.
d)     Guru memiliki :
Ø  Kriteria spesifik untuk menilai kualitas yang dipenuhi didalam jurnal
Ø  Indikator terbaik, menengah dan kualitas rendah untuk kriteria lainnya yang telah distandarisasi sekolah, wilayah dan negara.
e)      Dalam menyusun jurnal, untuk membantu siswa membuat catatan d dalam jurnal, guru bisa memberikan saran dan petunjuk.
Contoh petunjuk itu adalah:
ü  Bagian yang paling menarik adalah………..
ü  Saya memprediksikan……………..
ü  Tiga ide pokoknya adalah…………….
ü  Saya butuh bekerja lebih pada…………….
ü  Ide yang sesuai adalah…………
ü  Saya kagum terhadap……………..
ü  Kebiasaan saya yang lain untuk menunjang belajar………….
ü  Saya ingin tahu lebih tentang…………….
ü  Saya gembira bila………………..
f)       Siswa memiliki bagian dari jurnal lain dengan anggota kelompok      belajar yang lainnya pada kegiatan yang teratur (harian, 1x seminggu, 2x seminggu)
g)      Memberikan umpan balik dan sebuah nilai awal terhadap kualitas jurnal yang telah dikerjakan siswa.

6.     Petunjuk Menggunakan Jurnal
Adapun beberapa contoh petunjuk dalam menggunakan jurnal yang diberikan guru kepada siswa, yaitu:
a)      Tulis sebuah jurnal yang berisi paling sedikit satu catatan perminggu.
b)      Meringkas apa yang telah dipelajari di sekolah untuk minggu ini.
c)      Gambarkan bagaimana kamu telah bersikap selama ini, sesuatu pengalaman yang penting yang kamu miliki selama satu minggu ini, mengenai :
·         Situasi alam
·         Menyangkut orang lain
·         Hubungan diantara peserta diskusi
·         Strategi yang akan digunakan untuk mengatasi situasi yang terjadi
·         Pengalaman-pengalaman yang terjadi
·         Akibat yang dihasilkan dari perbuatan yang telah dilakukan
d)     Dari gambaran itu, ringkaslah teori mengenai sesuatu yang telah kamu lakukan
e)      Gunakan apa yang telah kamu pelajari di sekolah untuk menggambarkan bagaimana kamu bisa memiliki sikap yang lebih efektif dan konstruktif, yang berisi bagaimana kamu bisa memodifikasi teori-teori sendiri.


7.     Cara Menilai Jurnal
Kualitas jurnal bisa dinilai dari dua sisi:
a)      Catatan dasar
b)      Pengembangan indicator yang tinggi, sedang dan rendah
c)      Penilaian siswa dari jurnal pada mereka pada criteria lainnya
d)     Menambahkan penilaian untuk criteria bersama lainnya untuk menentukan nilai total.
Contoh penilaian:
Kriteria
Skor
  1. jumlah catatan
1-2 tidak ada catatan
2-3 catatan sedikit
4-5 semua yang dibutuhkan dalam
      catatan ada
  1. panjang catatan
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa halaman
  1. sesuatu yang dianggap sukar, terlalu sukar dan perorangan
1-2 sulit, permukaan umum
3-4 sebagian, pribadi
4-5 dalam, sangat pribadi
  1. perhatian
1-2 hanya merespon
3-4 merespon dan memberi contoh
4-5 merespon, memberi contoh dan
       mengaplikasikan
  1. kecakapan dalam menciptakan keaslian
1-2 mudah, sederhana
3-4 penggunaan kata-kata untuk
       menyatakan sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas yang tinggi

Skor poin yang diperoleh dikelompokkan pada:
Point
Nilai
22-25
A
18-21
B
13-17
C
8-12
D


Contoh penilaian:
Point
Kriteria
20
Catatan lengkap
10
Mengumpulkan jurnal (catatan tepat waktu)
15
Reaksi demonstran pada tingkat tinggi
25
Menunjukkan sikap terhadap materi yang diberikan
100
Total

8.     Contoh Jurnal Dalam Pelajaran Matematika
Beberapa ide untuk item-item jurnal matematika berikut ini:
·         Coba jelaskan mengapa tiap susunan dari beberapa buah titik-titik bisa menjadi susunan pada sebuah empat persegi panjang pada dua baris terakhir.
·         Bisakah sebuah pecahan memiliki lebih dari satu bentuk yang paling sederhana. Jelaskan jawaban Anda!
·         Uraikan atau ceritakan sebuah situasi bagaimana Anda mencari keliling suatu benda.
·         Apa yang kamu pikirkan ketika Anda belajar geometri.






























NAMA           : AFRI YELLI
BP/NIM          : 2005/66797
MATERI       : Pembagian Pecahan

JURNAL SISWA
Nama              :
Kelas               :
Hari/tanggal   :

ILUSTRASI

            Untuk merayakan ulang tahun yang ke-17, Ani ingin berbagi kebahagiaan bersama teman-temannya dengan cara mengadakan pesta dan mengundang teman-temannnya. Untuk menjamu temannya Ani meyediakan makanan berupa satu buah kue tar, nasi goreng special, dan minuman yang menyegarkan. Pada perayaan pesta itu teman-teman Ani datang sebanyak 15 orang. Setelah peniupan lilin kue tar dibagikan kepada setiap temannya. Masalah ini dapat kita selesaikan dengan pembagian pecahan. Untuk itu jawablah pertanyaaan dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing dan jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu. Untuk itu jawablah pertanyaaan dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing dan jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu.

a.       Kesulitan apa saja yang kamu alami selama belajar pembagian pecahan.
b.      Dari ilustrasi di atas, ceritakanlah bagaimana perasaanmu setelah mempelajari pembagian pecahan.
c.       Apakah harapan-harapanmu setelah mempelajari materi ini?

Skor penilaian :
Point
Kriteria
20
Mengumpulkan catatan tepat pada waktunya
30
Catatan lengkap
50
Bagaimana sikap siswa terhadap materi yang diberikan
100
Total






























NAMA           : AMALIA
BP/NIM          : 2005/66813
MATERI       : Statistik

JURNAL SISWA
Nama              :
Kelas               :
Hari/tanggal   :

ILUSTRASI

Siswa sekalian, tentu kamu pernah membaca koran dan tanpa sengaja kamu melihat sebuah diagram lingkaran atau diagram batang yang mungkin membahas tentang kenaikan gaji anggota DPR.Tahukah kamu bahwa diagram tersebut merupakan salah satu hasil dari perhitungan statistika.
Untuk itu jawablah pertanyaaan dibawah ini dengan jujur sesuai dengan keadaan kamu masing-masing dan jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu.
a)      Ceritakanlah bagaimana perasaan mu setelah mempelajari statistika?
b)      Jelaskan kesulitan yang kamu alami selama belajar statistika?
c)      Apakah pelajaran matematika yang berhubungan dengan statistika adalah pelajaran yang kamu sukai? Dan apakah pelajaran ini menurutmu bermanfaat? Jelaskan?

       Skor penilaian:
Kriteria
Skor
1.      jumlah catatan
1-2 tidak ada catatan
2-3 catatan sedikit
4-5 semua yang dibutuhkan dalam
      catatan ada
2.      panjang catatan
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa halaman
3.      perhatian
1-2 hanya merespon
3-4 merespon dan memberi contoh
4-5 merespon, memberi contoh dan
       mengaplikasikan
4.      kecakapan dalam menciptakan keaslian
1-2 mudah, sederhana
3-4 penggunaan kata-kata untuk
       menyatakan sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas yang tinggi


Skor poin yang diperoleh dikelompokkan pada:

Point
Nilai
20-18
A
17-15
B
14-12
C
10-5
D
















NAMA           : SYAFNI GUSTINA SARI
BP/NIM          : 2005/66796
MATERI       : Program Linear


JURNAL SISWA
Nama              :
Kelas               :
Hari/tanggal   :

ILUSTRASI
            Siswa sekalian, tentu kamu pernah pergi ke pasar bersama ibu untuk membeli pakaian. Misalkan kamu membeli beberapa helai baju dan beberapa helai celana. Setelah ditotal semua tentu kamu ingin tahu harga baju satu helai dan harga celana sehelai. Tahu kah kamu ini bisa diselesaikan dengan menggunakan program linier.
            Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan keadaan sebenarnya yang kamu alami dan jawablah dengan jujur. Jawaban kamu tidak akan mempengaruhi nilai matematika mu.

a)      Ceritakanlah bagaimana perasaan mu setelah mempelajari program linear!
b)      Menurut mu bagian mana yang penting dalam program linear ini?
c)      Kesulitan apa saja yang kamu alami selama belajar program linear ini?

Skor penilaian:
Kriteria
Skor
1.      jumlah catatan
1-2 tidak ada catatan
2-3 catatan sedikit
4-5 semua yang dibutuhkan dalam
      catatan ada
2.      panjang catatan
1-2 kurang dari satu halaman
3-4 satu halaman
4-5 beberapa halaman
3.      sesuatu yang dianggap sukar, terlalu sukar dan perorangan
1-2 sulit, permukaan umum
3-4 sebagian, pribadi
4-5 dalam, sangat pribadi
4.      perhatian
1-2 hanya merespon
3-4 merespon dan memberi contoh
4-5 merespon, memberi contoh dan
       mengaplikasikan
5.      kecakapan dalam menciptakan keaslian
1-2 mudah, sederhana
3-4 penggunaan kata-kata untuk
       menyatakan sesuatu (kriteria)
4-5 kreativitas yang tinggi


Skor poin yang diperoleh dikelompokkan pada:
Point
Nilai
22-25
A
18-21
B
13-17
C
8-12
D















NAMA           : WIDYA UMARTA
BP/NIM          : 2005/66799
MATERI       : Volume Bangun Ruang

JURNAL SISWA
Nama              :
Kelas               :
Hari/tanggal   :

ILUSTRASI

Hari Minggu kemaren Keysa pergi berenang ke Teratai. Kolam renang itu berukuran 10 m dan lebarnya 4 m serta tingginya 1,5 m. Saat itu Keysa melihat seorang petugas sedang membersihkan kolam tersebut. Kemudian petugas akan mengisi kembali kolam yang dikosongkan tadi, yang mana 15 cm dari permukaan kolam tidak terisi air. Masalah ini dapat kamu selesaikan dengan menggunakan rumus volume bangun ruang, untuk itu jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jujur dan sesuai dengan keadaan kamu yang sebenarnya. Jawaban yang kamu berikan tidak akan mempengaruhi nilai matematikamu .
  1. Bagian mana dari materi volume bangun ruang yang kamu anggap sulit?, dan bagian mana yang kamu anggap mudah?. Jelaskan?
  2. Apakah pelajaran matematika yang berhubungan dengan volume bangun ruang adalah pelajaran yang kamu sukai? Dan apakah pelajaran ini menurutmu bermanfaat?. Jelaskan?

Skor penilaian:

Point
Kriteria
20
Catatan lengkap (mencakup semua subjek yang diminta)
10
Mengumpulkan jurnal tepat pada waktunya
15
Kecakapan menggunakan kalimat untuk menyatakan sesuatu
25
Menunjukkan sikap terhadap materi yang diberikan
100
Total





No comments:

Post a Comment