A. PENGERTIAN
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap
suatu tugas yang mencakup beberapa kompetensi yang harus diselesaikan oleh
peserta didik dalam waktu periode tertentu. Tugas tersebut dapat berupa
investigasi terhadap suatu proses atau kejadian yang dimulai dari perencanaan,
pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan data dan penyajian data.
Menurut keputusan menteri (Kepmen) No.53/4/2001 tentang
Pedoman Penyusunan Standart Pelayanan Minimal penyelenggaraan Persekolahan
Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN), penilaian proyek work
mempunyai pengertian:
a. Akumulasi
tugas yang mencakup beberapa kompetensi dan harus diselesaikan oleh peserta
diklat (pada semester akhir).
b. Suatu model
pembelajaran yang di adopsi untuk mengukur dan menilai ketercapaian kompetensi
secara kumulatif.
c. Merupakan
suatu model penilaian diharapkan untuk menuju profesionalisme.
d. Lingkup
kegiatan: dilakukan dari membuat proposal, persiapan, pelaksanaan (proses)
sampai dengan kegiatan kulminasi (penyajian, pengujian, dan pameran)
(Mimin haryati,2007:50)
Jadi penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian
terhadap suatu tugas akhir pada suatu materi pokok yang mencakup beberapa
kompetensi dan yang harus diselesaikan oleh peserta didik dalam periode
tertentu dengan tujuan agar peserta didik menjadi pribadi yang profesionalisme,
yang dimulai dengan perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan
data dan penyajian data.
Selama mengerjakan sebuah proyek pembelajaran, peserta
didik memperoleh kesempatan untuk mengaplikasikan sikap, keterampilan, dan
pengetahuannya. Karena itu, pada setiap penilaian proyek, setidaknya ada tiga
hal yang memerlukan perhatian khusus dari guru.
a. Keterampilan peserta
didik dalam memilih topik, mencari dan mengumpulkan data, mengolah
danmenganalisis, memberi makna atas informasi yang diperoleh, dan menulis
laporan.
b. Kesesuaian atau
relevansi materi pembelajaran dengan pengembangan sikap, keterampilan, dan
pengetahuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.
c. Keaslian sebuah
proyek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh peserta didik.
Karakteristik penilaian proyek
antara lain:
a. Mengintegrasikan
pengetahuan dan keterampilan (skill)
b. Sering
digunakan dengan metode cooperative learning
c. Dapat
diterapkan secara untuk individu maupun kelompok.
B. PROSEDUR
DAN LANGKAH-LANGKAH
Langkah-langkah
dalam penilaian proyek antara lain:
a.
Tentukan berbagai jenis proyek dalam
setahun.
b.
Untuk masing-masing proyek, buat
jadwal kapan proyek dimulai, kapan masing-masing bagian
dari proyek harus
diselesaikan, kapan draft
awal dikumpulkan,dan kapan produk akhir diharapkan selesai.
c.
Tunjukkan kepada peserta didik
beberapa sample proyek yang telah selesai.
d.
Upayakan siswa dapat mengembangkan
kriteria untuk menilai kualitas sejumlah proyek yang telah selesai, dari segi
penampilan, temuan, atau informasi.
e.
Upayakan siswa belajar bagaimana
menggunakan rubrik yang telah kita berikan sebelumnya.
f.
Upayakan siswa
dapat menyelesaikan proyek dengan
bantuan pihaksekolah.
g.
Upayakan siswa menyajikan proyek
yang telah selesai.
h.
Siswa menyerahkan proyek untuk
dinilai.
Penilaian Proyek:
·
Ada yang menekankan pada proses,
misal:
-
Merencanakan dan mengorganisasikan investigasi
-
Bekerja dalam tim
·
Ada yang menekankan pada produk,
misal:
-
Mengidentifikasi dan mengumpulkan
informasi yang relevan
-
Menganalisis dan menginterpretasi
data
-
Mengkomunikasikan hasil
1.
Fokus pada Proses
a.
Merencanakan penilaian
· Melihat
kesesuiannya dengan kompetensi yang dituntut kurikulum,misal:
1.Kerja ilmiah
2.Berpikir dan bekerja sistematik
3. Menggunakan Menggunakan alat
sains
4.Kerja matematik
5. Mengumpulkan data
· Dapat
dikelola
1. Topik tidak terlalu luas dan
tidak terlalu sempit
2. Tidak terlalu mudah dan tidak
terlalu sulit
b.
Merancang spesifikasi proyek yang
berfokuspada proses::
i) memilih
topik(dapat dapat dipilih dipilih oleh oleh siswa siswa dari dari topik
topik-topik yang disediakan guru)
ii) memetakan
memetakan area yang area yang akan dicakup(dapat
ditempuh dgn curah pendapat, jaring area yang akan dicakup)
iii) Merancang
rincian langkah; contoh:
Pertanyaan penelitian saya
…………………………………………………………………………………..
Hipotesis saya:
…………………………………………………………………………………..
Referensi yang akan saya gunakan
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
Bahan yang diperlukan:
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ……………………………….
Prosedur yang akan ditempuh
1. ……………………………………………………………………………..
2. ……………………………………………………………………………..
3. ……………………………………………………………………………..
4. ……………………………………………………………………………..
Dst
c.
Memantau pelaksanaan
NO.
|
TUGAS YANG
HARUS DIKERJAKAN
|
DISELESAIKAN
TANGGAL
|
KET
|
1.
|
Memilih isu dan merumuskan
pertanyaan
|
|
|
2.
|
Menentukan metode
pengumpulan data
|
|
|
3.
|
Mengumpulkan data
|
|
|
4.
|
Analisis data
|
|
|
5.
|
Membuat draf pembahasan
|
|
|
6.
|
Menyelesaikan draf final
|
|
|
7.
|
Penyerahan hasil
|
|
|
d.
Pencatatan
Contoh catatan oleh siswa sendiri
Beri tanda
(v)
|
Sukar
|
Mudah
|
Sangat
mudah
|
Menggunakan keterampilan merencanakan
1.
Memahaman topik
2. Membuat
pert penelitian
3. Mencari
Informasi data
4.
Menyeleksi pertanyaan
5. Membuat
rencana tindakan
|
|
|
|
Menggunakan
Informasi data
1.
Mengidentifikasi sumber data
-- di
sekolah di sekolah
-- di luar
sekolah di luar sekolah
|
|
|
|
Menggunakan
keterampilan proses
1.
Mengumpulkan dan mengorganisasikan informasi
2.
Menemukan informasi yang belum diketahui sblmnya
3.
Menjawab pertanyaan
4.
Mengedit pekerjaan sendiri
|
|
|
|
Menggunakan
keterampilan berbagi informasi
1.
Menyajikan laporan
|
|
|
|
Melaksanakan
rencana tindakan
2.2.
Belajar menggunakan keterampilan dalam kegiatan ini
|
|
|
|
Contoh catatan siswa dalam kelompok
Nama-nama anggota kelompok:
…………………………………………………………..
…………………………………………………………..
…………………………………………………………..
1. Bagaimana kerja sama
antar-anggota kelompok(sgt baik, baik, jelek)
2. Bagaimana tingkat hasil kerja
proyek kelompok anda (sgt baik, baik, jelek)
3. Menurut anda, bagaian mana dari
kerja proyek kelompok anda yg terbaik
4. Menurut anda, bagaimana hasil
kerja proyek di kelompok anda dapat ditingkatkan
5. Jika ditempatkan dalam skala 1-10
(10 tertinggi), menurut anda kelompok anda di posisi mana?
Contoh catatan oleh guru
ASPEK YANG
DINILAI
|
BERAPA
KALI DIAMATI
|
CATATAN
|
1.
Terlibat aktif mendiskusikan masalah
|
|
|
2.
Menerapkan konsep dlm menyelesaikan masalah
|
|
|
3.
Menunjukkan Sikap positif
|
|
|
4.
Menunjukkan kemampuanmenyelesaikan masalah
|
|
|
5.
Kemampuan menggunakan pendekatan inter-kompetensi matpel
|
|
|
6.
Kemampuan menggunakan pendekatan multi-kompetensi antar-matpel
|
|
|
7. Hal
lain yg diobservasi
|
|
|
Contoh: aspek yg dinilai guru
1.
Menepati waktu dlm melakukan langkah
2.
Kualitas keterlibatan dlm kegiatan
tahapan penelitian dan kelengkapan menuliskan laporan pelaksanaan
3.
Bukti konsultasi dgn guru selama
melakukan kegiatan
4.
Evaluasi kemajuan untuk
mengidentifikasi ketercapaian tujuan setiap langkah
5.
Penjelasan mengapa siswa memilih
topik dan pertenyaan penelitian tersebut
6. Evaluasi
keseluruhan proses untuk menjawab pertanyaan penelitian dan kelengkapan
Pelaporan
Guru harus mempertimbangkan:
Kombinasi bukti pengamatan terhadap
pelaksanaankegiatan proyek dan bukti lain
Pemantauan perkembangan kompetensi
antar meta pelajaran
Contoh pelaporan
Catatan kegiatan proyek (maksimal : 5 poin)
5 poin: level 3,
jika Siswa sangat baik mendokumentasikan proses, menunjukkan komentar yang kritis
dan evaluatiftentang peristiwa, dan tepat membuat keputusan
3 poin: level 2,
jikaSiswa memiliki eviden yang terbatas dalam strategipengelolaan dan refleksi
kegiatan proyek
1 poin: level
1, jika Siswa tidak memiliki catatan
kemajuan secara komplit.
2. Fokus pada Produk
1.Merencanakan penilaian
-- Melihat kesesuiannya dg
kompetensi yang dituntutkurikulum, misal:
1. Pengumpulan informasi khusus
2. Interpretasi data
3. Memaparkan hasil/laporan
-- Dapat dikelola
1. Topik tidak terlalu luas dan
tidak terlalu sempit
2. Tidak terlalu mudah dan tidak
terlalu sulit
2. Merancang
spesifikasi proyek ygberfokus pada produk:
-- ditentukan lingkup dan cara
pengumpulan data
-- ditentukan cara presentasi/
pelaporannya
-- ditentukan dan dikomunikasikan
kriteriapenilaiannya (misal: 20% untuk proses, 80% untuk produk yg terbagi 50%
untuk isi laporan, 30 % penyajian laporan)
Contoh lembar spesifikasi
pengumpulan data
Nama……………………..
KERANGKA PROPOSAL
Lingkup minat: …………………………………………………………………..
Kemungkinan judul: ……………………………………………………………
Tujuan studi: …………………………………………………………………….
STRATEGI KERJA
Hipotesis
kerja/tujuan/model……………………………………………….
………………………………………………………………………………………..
Pengumpulan dan sumber data……………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
SUMBER DAN BATASAN
Lokasi studi: ………………………………………………………………………
Alat dan bahan: ………………………………………………………………….
Biaya:……………………………………………………………………………….
Waktu: …………………………………………………………………………….
Keterampilan yg diperlukan:
…………………………………………………
Antisipasi problem: ……………………………………………………………..
BATAS STUDI PRESENTASI
Penelitian berakhir pada………....................
A4 dlm file terjilid
Draf pertama selesai pada………..................
Ringkasan 50 kata, daftar isi
Penyerahan terakhir pada…...… .1500-2000
kata, tidak termasuk diagram dan peta
KOMENTAR UMUM ………………………………
STRATEGI PENILAIAN
Kerangka proposal (guru: teruskan/Review)
(siswa:
tersukan/Review)
Strategi kerja (guru: teruskan/Review)
(siswa:
teruskan/review)
Bahan/alat (guru: teruskan/review)
(siswa:
teruskan/review)
Inisiatif: dr siswa 1 2 3 4 dr guru
Strategi dr siswa 1 2 3 4 dr guru
Contoh Spesifikasi Petunjuk
Penyajian
1.
PENDAHULUAN: memuat dasar pemikirandan strategi menjawab masalah
2.
PENGUMPULAN EVIDEN: apa data utama dan antisipasi kesulitan
3. BAGIAN INTI: temuan utama,
minimal 3 subbagian
4. KESIMPULAN: menjawab apa,
mengapa, dan bagaimana
5. DAFTAR SUMBER BACAAN
6. LAMPIRAN
3. Pencatatan
Ada tiga cara:
1. Holystic rating
2. Analytic rating
3. Analytic cheklist
Contoh holystic rating
Penilaian proyek oleh siswa
5 sangat bagus, komentar ….
4bagus, komentar ….
3sedang, komentar …
2 kurang, komentar …
1 sangat kurang, komentar …
0 tdk memenuhi, komentar …
Contoh analytic rating
Nama:……………………. Kerja Praktik
1. Penggunaan bhs dan simbol
statistik dengan benar (3 poin) _____
Komentar: ___________________
2. Membuat tabel dan grafik dg benar
(3 poin) ___
Komentar: ___________________
3. Benar dalam penghitungan
statistik (3 poin)
Komentar: ___________________
4. Benar dalam memilih bentuk tabel,
grafik, dan penyimpulan statistik(3 poin)
Komentar: ___________________
5. Deskripsi dan interpretasi data
masuk akal (3 poin)
Komentar: ___________________
6. Penyimpulan memadai (3 poin)
____________________________
TOTAL SKOR (18 POIN) ___
Contoh analitic checklist
ABSTRAK/RINGKASAN
1.
Ada pernyataan singkat
menginformasikan ke pembaca (ya/mgk/tdk)
2.Pernyataan mengindikasikan bidang
tertentu (ya/mgk/tdk)
3. Menyebutkan metodologi yg
digunakan (ya/mgk/tdk)
4.Pernyataan menggambarkan titik
tolak pembicaraan dan penyimpulan
5. Apakah sesuai dengan bahan yg
digunakan (ya/mgk/tdk)
PENDAHULUAN
1. Pokok persoalan diperkenalkan
(ya/mgk/tdk)
2. Problem/data/investigasi sesuai
konteks (ya/mgk/tdk)
3. Ada eviden ttg perencanaan? Jika
ya, apakah perencanaan itu diikuti (ya/mgk/tdk)
4. Siswa mengetahui hakikat
penelitian (ya/mgk/tdk)
ISI
1. Isi logis, argumennya masuk akal
(ya/mgk/tdk)
2. Apakah penghitungan/analisis
benar (ya/mgk/tdk)
3. Analisis yang digunakan memenuhi
standar (ya/mgk/tdk)
4. Penentuan keputusan / hasil /
pembandingan / mempertentangkan / kritik /
generalisasi benar (ya/mgk/tdk)
5. Tetap/tidak melenceng dari
gagasan awal (ya/mgk/tdk)
6. Proyek sesuai dengan rancangan
semula (ya/mgk/tdk)
7. Siswa memahami dan bertindak
sesuai dgn advis supervisor (ya/mgk/tdk)
8. Apakah kerangka penelitian
original (ya/mgk/tdk)
9. Apakah siswa mempelajari hal yg
baru (matematik, aplikasi programteknik (ya/mgk/tdk)
10. Apakah ini karya asli siswa (ya/mgk/tdk)
Pelaporan
Contoh:
Tahap 1 Guru menggunakan 7 kriteria
dalam 7 skala
1. Presentasi tugas ( 1 2 3 4 5 6 7)
2. Penggunaan referensi ( 1 2 3 4 5
6 7 )
3. Uraian ( 1 2 3 4 5 6 7 )
4. Kedalaman penelitian ( 1 2 3 4 5
6 7 )
5. Pemahaman pada persoalan (1 2 3 4
5 6 7 )
6. Analisis, interpretasi akurat ( 1
2 3 4 5 6 7 )
7. Pemilihan visualisasi memadai ( 1
2 3 4 5 6 7 )
Tahap ke-2: guru menentukan level pencapaian A– E
B: Siswa menghasilkan penelitian sgt
bagus
C: Siswa menghasilkan penelitian
bagus
D: Siswa menghasilkan penelitian
kurang
E: Siswa menghasilkan penelitian
sangat kurang
No comments:
Post a Comment