Translate

Saturday, February 27, 2016

ASESMEN PROYEK



 

A.  PENGERTIAN

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang mencakup beberapa kompetensi yang harus diselesaikan oleh peserta didik dalam waktu periode tertentu. Tugas tersebut dapat berupa investigasi terhadap suatu proses atau kejadian yang dimulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan data dan penyajian data.
Menurut keputusan menteri (Kepmen) No.53/4/2001 tentang Pedoman Penyusunan Standart Pelayanan Minimal penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN), penilaian proyek work mempunyai pengertian:
a.    Akumulasi tugas yang mencakup beberapa kompetensi dan harus diselesaikan oleh peserta diklat (pada semester akhir).
b.    Suatu model pembelajaran yang di adopsi untuk mengukur dan menilai ketercapaian kompetensi secara kumulatif.
c.    Merupakan suatu model penilaian diharapkan untuk menuju profesionalisme.
d.   Lingkup kegiatan: dilakukan dari membuat proposal, persiapan, pelaksanaan (proses) sampai dengan kegiatan kulminasi (penyajian, pengujian, dan pameran)
(Mimin haryati,2007:50)
Jadi penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas akhir pada suatu materi pokok yang mencakup beberapa kompetensi dan yang harus diselesaikan oleh peserta didik dalam periode tertentu dengan tujuan agar peserta didik menjadi pribadi yang profesionalisme, yang dimulai dengan perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan data dan penyajian data.
Selama mengerjakan sebuah proyek pembelajaran, peserta didik memperoleh kesempatan untuk mengaplikasikan sikap, keterampilan, dan pengetahuannya. Karena itu, pada setiap penilaian proyek, setidaknya ada tiga hal yang memerlukan perhatian khusus dari guru.
a. Keterampilan peserta didik dalam memilih topik, mencari dan mengumpulkan data, mengolah danmenganalisis, memberi makna atas informasi yang diperoleh, dan menulis laporan.
b. Kesesuaian atau relevansi materi pembelajaran dengan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.
c. Keaslian sebuah proyek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh peserta didik.
Karakteristik penilaian proyek antara lain:
a.       Mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan (skill)
b.      Sering digunakan dengan metode cooperative learning
c.       Dapat diterapkan secara untuk individu maupun kelompok.

B.  PROSEDUR DAN LANGKAH-LANGKAH
Langkah-langkah dalam penilaian proyek antara lain:
a.       Tentukan berbagai jenis proyek dalam setahun.
b.      Untuk masing-masing proyek, buat jadwal kapan proyek dimulai, kapan masing-masing  bagian  dari  proyek  harus  diselesaikan,  kapan  draft  awal dikumpulkan,dan kapan produk akhir diharapkan selesai.
c.       Tunjukkan kepada peserta didik beberapa sample proyek yang telah selesai.
d.      Upayakan siswa dapat mengembangkan kriteria untuk menilai kualitas sejumlah proyek yang telah selesai, dari segi penampilan, temuan, atau informasi.
e.       Upayakan siswa belajar bagaimana menggunakan rubrik yang telah kita berikan sebelumnya.
f.       Upayakan  siswa  dapat  menyelesaikan proyek dengan bantuan  pihaksekolah.
g.      Upayakan siswa menyajikan proyek yang telah selesai.
h.      Siswa menyerahkan proyek untuk dinilai.
Penilaian Proyek:
·      Ada yang menekankan pada proses, misal:
-        Merencanakan dan mengorganisasikan investigasi
-        Bekerja dalam tim
·      Ada yang menekankan pada produk, misal:
-          Mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi yang relevan
-          Menganalisis dan menginterpretasi data
-          Mengkomunikasikan hasil


1.    Fokus pada Proses
a.       Merencanakan penilaian
·  Melihat kesesuiannya dengan  kompetensi yang  dituntut kurikulum,misal:
1.Kerja ilmiah
2.Berpikir dan bekerja sistematik
3. Menggunakan Menggunakan alat sains
4.Kerja matematik
5. Mengumpulkan data
·  Dapat dikelola
1. Topik tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit
2. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit
b.      Merancang spesifikasi proyek yang berfokuspada proses::
                   i)     memilih topik(dapat dapat dipilih dipilih oleh oleh siswa siswa dari dari topik topik-topik yang disediakan guru)
                 ii)     memetakan memetakan area yang  area yang akan dicakup(dapat ditempuh dgn curah pendapat, jaring area yang akan dicakup)
               iii)     Merancang rincian langkah; contoh:
Pertanyaan penelitian saya
…………………………………………………………………………………..
Hipotesis saya:
…………………………………………………………………………………..
Referensi yang  akan saya gunakan
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
Bahan yang diperlukan:
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ………………………………
……………………….. …………………… ……………………………….
Prosedur yang akan ditempuh
1. ……………………………………………………………………………..
2. ……………………………………………………………………………..
3. ……………………………………………………………………………..
4. ……………………………………………………………………………..
Dst
c.       Memantau pelaksanaan
NO.
TUGAS YANG HARUS DIKERJAKAN
DISELESAIKAN TANGGAL
KET
1.
Memilih isu dan merumuskan
pertanyaan


2.
Menentukan metode
pengumpulan data


3.
Mengumpulkan data


4.
Analisis data


5.
Membuat draf pembahasan


6.
Menyelesaikan draf final


7.
Penyerahan hasil



d.      Pencatatan
Contoh catatan oleh siswa sendiri
Beri tanda (v)
Sukar
Mudah
Sangat mudah
Menggunakan keterampilan merencanakan
1. Memahaman topik
2. Membuat pert penelitian
3. Mencari Informasi data
4. Menyeleksi pertanyaan
5. Membuat rencana tindakan



Menggunakan Informasi data
1. Mengidentifikasi sumber data
-- di sekolah di sekolah
-- di luar sekolah di luar sekolah



Menggunakan keterampilan proses
1. Mengumpulkan dan mengorganisasikan informasi
2. Menemukan informasi yang belum diketahui sblmnya
3. Menjawab pertanyaan
4. Mengedit pekerjaan sendiri



Menggunakan keterampilan berbagi informasi
1. Menyajikan laporan



Melaksanakan rencana tindakan
2.2. Belajar menggunakan keterampilan dalam kegiatan ini




Contoh catatan siswa dalam kelompok
Nama-nama anggota kelompok:
…………………………………………………………..
…………………………………………………………..
…………………………………………………………..
1. Bagaimana kerja sama antar-anggota kelompok(sgt baik, baik, jelek)
2. Bagaimana tingkat hasil kerja proyek kelompok anda (sgt baik, baik, jelek)
3. Menurut anda, bagaian mana dari kerja proyek kelompok anda yg terbaik
4. Menurut anda, bagaimana hasil kerja proyek di kelompok anda dapat ditingkatkan
5. Jika ditempatkan dalam skala 1-10 (10 tertinggi), menurut anda kelompok anda di posisi mana?

Contoh catatan oleh guru
ASPEK YANG DINILAI
BERAPA KALI DIAMATI
CATATAN
1. Terlibat aktif mendiskusikan masalah


2. Menerapkan konsep dlm menyelesaikan masalah


3. Menunjukkan Sikap positif


4. Menunjukkan kemampuanmenyelesaikan masalah


5. Kemampuan menggunakan pendekatan inter-kompetensi matpel


6. Kemampuan menggunakan pendekatan multi-kompetensi antar-matpel


7. Hal lain yg diobservasi



Contoh: aspek yg dinilai guru
1.      Menepati waktu dlm melakukan langkah
2.      Kualitas keterlibatan dlm kegiatan tahapan penelitian dan kelengkapan menuliskan laporan pelaksanaan
3.      Bukti konsultasi dgn guru selama melakukan kegiatan
4.      Evaluasi kemajuan untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan setiap langkah
5.      Penjelasan mengapa siswa memilih topik dan pertenyaan penelitian tersebut
6.      Evaluasi keseluruhan proses untuk menjawab pertanyaan penelitian dan kelengkapan

Pelaporan
Guru harus mempertimbangkan:
Kombinasi bukti pengamatan terhadap pelaksanaankegiatan proyek dan bukti lain
Pemantauan perkembangan kompetensi antar meta pelajaran
Contoh pelaporan
Catatan kegiatan proyek (maksimal  : 5 poin)
5 poin: level 3, jika Siswa sangat baik mendokumentasikan proses, menunjukkan komentar yang kritis dan evaluatiftentang peristiwa, dan tepat membuat keputusan
3 poin: level 2, jikaSiswa memiliki eviden yang terbatas dalam strategipengelolaan dan refleksi kegiatan proyek
1 poin: level 1,  jika Siswa tidak memiliki catatan kemajuan secara komplit.





2. Fokus pada Produk
1.Merencanakan penilaian
-- Melihat kesesuiannya dg kompetensi yang dituntutkurikulum, misal:
1. Pengumpulan informasi khusus
2. Interpretasi data
3. Memaparkan hasil/laporan
-- Dapat dikelola
1. Topik tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit
2. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit
2. Merancang spesifikasi proyek ygberfokus pada produk:
-- ditentukan lingkup dan cara pengumpulan data
-- ditentukan cara presentasi/ pelaporannya
-- ditentukan dan dikomunikasikan kriteriapenilaiannya (misal: 20% untuk proses, 80% untuk produk yg terbagi 50% untuk isi laporan, 30 % penyajian laporan)


Contoh lembar spesifikasi pengumpulan data
Nama……………………..
KERANGKA PROPOSAL
 Lingkup minat: …………………………………………………………………..
 Kemungkinan judul: ……………………………………………………………
 Tujuan studi: …………………………………………………………………….
STRATEGI KERJA
 Hipotesis kerja/tujuan/model……………………………………………….
………………………………………………………………………………………..
 Pengumpulan dan sumber data……………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
SUMBER DAN BATASAN
 Lokasi studi: ………………………………………………………………………
 Alat dan bahan: ………………………………………………………………….
 Biaya:……………………………………………………………………………….
 Waktu: …………………………………………………………………………….
 Keterampilan yg diperlukan: …………………………………………………
 Antisipasi problem: ……………………………………………………………..
BATAS STUDI                                                                     PRESENTASI
Penelitian berakhir pada……….................... A4 dlm file terjilid
Draf pertama selesai pada……….................. Ringkasan 50 kata, daftar isi
Penyerahan terakhir pada…...… .1500-2000 kata, tidak termasuk diagram dan peta
KOMENTAR UMUM ………………………………
STRATEGI PENILAIAN
Kerangka proposal  (guru: teruskan/Review)
(siswa: tersukan/Review)
Strategi kerja  (guru: teruskan/Review)
(siswa: teruskan/review)
Bahan/alat  (guru: teruskan/review)
(siswa: teruskan/review)
Inisiatif: dr siswa 1 2 3 4 dr guru
Strategi  dr siswa 1 2 3 4 dr guru

Contoh Spesifikasi Petunjuk Penyajian
1.  PENDAHULUAN: memuat dasar pemikirandan strategi menjawab masalah
2.  PENGUMPULAN EVIDEN: apa data utama dan antisipasi kesulitan
3. BAGIAN INTI: temuan utama, minimal 3 subbagian
4. KESIMPULAN: menjawab apa, mengapa, dan bagaimana
5. DAFTAR SUMBER BACAAN
6. LAMPIRAN

3. Pencatatan
Ada tiga cara:
1. Holystic rating
2. Analytic rating
3. Analytic cheklist

Contoh holystic rating
Penilaian proyek oleh siswa
5 sangat bagus, komentar ….
4bagus, komentar ….
3sedang, komentar  
2 kurang, komentar …
1 sangat kurang, komentar …
0 tdk memenuhi, komentar 

Contoh analytic rating
Nama:……………………. Kerja Praktik
1. Penggunaan bhs dan simbol statistik dengan benar (3 poin) _____
Komentar: ___________________
2. Membuat tabel dan grafik dg benar (3 poin) ___
Komentar: ___________________
3. Benar dalam penghitungan statistik (3 poin)
Komentar: ___________________
4. Benar dalam memilih bentuk tabel, grafik, dan penyimpulan statistik(3 poin)
Komentar: ___________________
5. Deskripsi dan interpretasi data masuk akal (3 poin)
Komentar: ___________________
6. Penyimpulan memadai (3 poin)
____________________________
TOTAL SKOR (18 POIN) ___


Contoh analitic checklist
ABSTRAK/RINGKASAN
1.      Ada pernyataan singkat menginformasikan ke pembaca (ya/mgk/tdk)
2.Pernyataan mengindikasikan bidang tertentu (ya/mgk/tdk)
3. Menyebutkan metodologi yg digunakan (ya/mgk/tdk)
4.Pernyataan menggambarkan titik tolak pembicaraan dan penyimpulan
5. Apakah sesuai dengan bahan yg digunakan (ya/mgk/tdk)
PENDAHULUAN
1. Pokok persoalan diperkenalkan (ya/mgk/tdk)
2. Problem/data/investigasi sesuai konteks (ya/mgk/tdk)
3. Ada eviden ttg perencanaan? Jika ya, apakah perencanaan itu diikuti (ya/mgk/tdk)
4. Siswa mengetahui hakikat penelitian (ya/mgk/tdk)
ISI
1. Isi logis, argumennya masuk akal (ya/mgk/tdk)
2. Apakah penghitungan/analisis benar (ya/mgk/tdk)
3. Analisis yang digunakan memenuhi standar (ya/mgk/tdk)
4. Penentuan keputusan / hasil / pembandingan / mempertentangkan / kritik /  generalisasi benar (ya/mgk/tdk)
5. Tetap/tidak melenceng dari gagasan awal (ya/mgk/tdk)
6. Proyek sesuai dengan rancangan semula (ya/mgk/tdk)
7. Siswa memahami dan bertindak sesuai dgn advis supervisor (ya/mgk/tdk)
8. Apakah kerangka penelitian original (ya/mgk/tdk)
9. Apakah siswa mempelajari hal yg baru (matematik, aplikasi programteknik (ya/mgk/tdk)
10. Apakah ini karya asli siswa (ya/mgk/tdk)

Pelaporan
Contoh:
Tahap 1 Guru menggunakan 7 kriteria dalam 7 skala
1. Presentasi tugas ( 1 2 3 4 5 6 7)
2. Penggunaan referensi ( 1 2 3 4 5 6 7 )
3. Uraian ( 1 2 3 4 5 6 7 )
4. Kedalaman penelitian ( 1 2 3 4 5 6 7 )
5. Pemahaman pada persoalan (1 2 3 4 5 6 7 )
6. Analisis, interpretasi akurat ( 1 2 3 4 5 6 7 )
7. Pemilihan visualisasi memadai ( 1 2 3 4 5 6 7 )
Tahap ke-2: guru  menentukan level pencapaian  A– E
A: Siswa menghasilkan penelitian luar biasa
B: Siswa menghasilkan penelitian sgt bagus
C: Siswa menghasilkan penelitian bagus
D: Siswa menghasilkan penelitian kurang
E: Siswa menghasilkan penelitian sangat kurang

No comments:

Post a Comment